Kamis, 14 April 2011

Saat akan berkarya....

Hmm….saya sering merasakan keinginan yang sangat kuat untuk berkarya, namun justru inspirasi tidak kunjung tiba. Aah, sungguh..itu sangat menyiksa! Sebenarnya ada beberapa cara yang sering saya lakukan untuk memancing inspirasi dalam otak saya. Dan seringnya itu berhasil. Tapi kalaupun benar-benar sudah buntuuuu banget…saya pun menyerah dan pasrah tersungkur di atas kasur. Hahhaha

Saya sangat mencintai tangan saya. Alhamdulillah Allah memberikan sebagian kecil kemampuan pada tangan saya. Saya suka menggambar, mungkin ini adalah salah satu bakat keturunan. Terlebih lagi saya suka menduplikasi atau meniru gambar yang telah ada. Walaupun tidak mirip banget, tapi setidaknya inti gambar yang saya buat adalah sama dengan gambar yang saya contoh. Sejak kecil saya suka komik, dan saya pun telah menciptakan style gambar komik saya sendiri walau terkadang masih sangat polos sekali menurut saya. Biasanya saya memperoleh inspirasi dair komik yang saya baca atau mengilustrasikan cerita di balik lirik sebuah lagu, serta tak jarang saya ingin mengilustrasikan cerita yang akan saya bentuk untuk sebuah novel karya sendiri. Walaupun novel karya saya yang sampai finish hanya beberapa. Hahahhaha…. Dan saya pun mengenal photoshop, mualai lah tangan saya sedikit demi seidkit mencoba untuk mengedit foto, namun lagi-lagi itu hanya sekedar bisa. Dan seorang kakak angkatan pun mengenalkan saya kepada corel draw. Dan bisa ditebak..saya menggila. Desaaaiiiiin melulu walau karya saya yaaa…lagi-lagi menurut saya, hanya sekedar bisa. Menulis pun juga begitu, saya suka menulis tapi engga suka nulis yang berat-berat atau yang gimana-gimana.  Karena saya o’on kali yaa…jadi yang saya tulis seringnya adalah ungkapan hati atau pun hanya sekedar sharing cerita.

Tidak ada batasan dalam bekarya. Apapun itu yang penting hati terkoneksi baik dengan inspirasi dan kinerja otak kemudian terkoordinasi dengan sistem gerak pastilah jadi sebuah karya.  Ya kan?
Okeyh,, saya akan membagi beberapa tips untuk memancing inspirasi :


Dengerin musik
Saya sangat suka mendengarkan music. Tak pandang bulu. Apapun yang enak di telinga dan cocok dengan suasana hati pasti saya dengerin. Saya diam sejenak, meresapi music dan lirik. Kalau pun ada yang nggak ngerti, missal lirik dalam bahasa inggris ya tinggal browse google translate. Simple kan?  Biasanya saya suka mendengarkan lagu dari HOMOGENIC atau OWL CITY. Hhohoho suasana hati sesuai terkadang ide pun muncul dengan tiba-tiba. Voila! 


Rajin browsing di internet
Dunia internet itu luaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaassss sekali. Mangkanya saya suka banget mendadak autis kalau sudah di depan computer dan ngenet pula. Huaaahuaahahaha…. Saya sering buka apa aja, termasuk suka menikmati karya orang-ornag di luar sana. Mulai dari tulisan yang sering terpajang di note FB atau di blog, teruus liat karya-karya desain di www.deviantart.com. Banyak dah…atau iseng aj ketik-ketik di mbah www.google.com. Liat situs ini,,liat video..dan sebagainyaa….Terkadang lagi-lagi ide muncul dengan sendirinya lhooo.



Baca-baca
Entah baca apa aja, komik boleeeh….novel-novel? Yahuut. Majalah? Suiiiippp…. Buku jenis laen? Hajaaaarrr…….serius. Ini juga salah satu cara ampuh mencari inspirasi. Serius, yang penting bisa membuat hati ini tetap pada mood baik. Hhee





Hmmm emang sih terkesan moody sekali yaa. Tapi itu kenyataan. Saya lho sampai terbengong melihat tingkah senior saya yang expert banget soal desain. Padahal dikejar deadline tapi terkadang dia tidak merasa gelisah sama sekali. Dia enjoy aja maen game, tidur-tiduran..makan…aiiih padahal tak jarang deadline yang diberikan itu hanya hitungan jam! Tapi nyatanya…di penghujung deadline pun di aberhasil menyelesaikan tugasnya. Itulah kekuatan idea tau inspirasi, kalau sudah KLIK eewwwwh tangan serasa gerak sendiri.

Naaaahh….jadiii….kalau ingin berkarya yaa segera diwujudkan. Segera dikerjakan, biar gag terus tersimpan di otak yang bisa saja besok-besok lupa. Hhahahha….. Yuk berkarya! Apapun itu. Karena masing-masing dari kita itu special! Punya kemampuan yang berbeda-beda tentunya juga sangat unik!





0 komentar:

Posting Komentar